Top 5 Makanan Thailand: Makanan klasik, rasa asik!

Memang banyak hal di Thailand yang selalu bisa bikin senyum. Pantes aja Thailand mendapat julukan negeri senyuman, atau lebih dikenal dengan sebutan land of smiles. Mulai dari pantainya, kulturnya dan orangnya yang terkenal ramah. Hal favorit gue tentu aja: makanannya!

“Thailand – selalu bisa bikin senyum”

Makanan Thailand yang gue suka mungkin bukan hal yang super unik atau neko-neko, tapi itulah hebatnya makanan-makanan ini. Simple tapi mengandung berjuta rasa. Makanan klasik, rasa asik. Tanpa basa basi lagi, ini list Top 5 Makanan Thailand: Makanan klasik, rasa asik!

1. Pad Thai
Yang pertama, biasanya selalu diingat. Berdebar-debar pas ngeliat, senyum-senyum sendiri atau bahkan ketawa-ketawa sendiri. Cinta pertama? Bukan. Pad Thai pertama. Nikmatnya Pad Thai, itu lebih nikmat dari jatuh cinta! Pad Thai pertama yang pernah gue makan terletak di China Town, Bangkok. Bareng temen-temen yang hobi travelling juga, gue sempet nyasar dan kehilangan arah (dan tujuan hidup, tapi itu cerita lain). Ditemani kebisingan China Town karena lalu-lalang manusia yang semoga nggak kehilangan arah kayak kita, dunia gue akan berubah. Ini rasa yang selama ini gue cari. Di momen itu, gue merasa semuanya akan baik-baik aja, mau gue hilang juga nggak papa, karena gue telah menemukan kenikmatan baru. Cita rasanya sangat cocok dengan lidah orang Indonesia, kayak rasa yang dulu pernah ada atau rasa yang ingin dikenang selamanya.

Processed with VSCO

Cantik ya? Saking cantiknya, Pad Thai ini pantas mendapatkan foto close-up sekali lagi. Yak, nice. Terus, senyumnya mana? Ibaratnya cewek cantik yang bingung post selfie yang mana, akhirnya semua di collage, gue nggak bisa memilih foto mana yang lebih cantik, jadi dua-duanya aja di post. Oh iya, yang mantap dari Pad Thai, itu ketika lo memeras jeruk nipisnya, mencapur dengan kacang yang telah ditumbuk dan bubuk cabai. Tambahkan sesuai selera, minat, bakat dan hobi.

Processed with VSCO

2. Green Beef Curry

Green Beef Curry adalah hidangan bersantan yang biasanya agak sedikit pedas. Ada versi ayam dan versi dagingnya, gue adalah #timdaging. Dagingnya empuk dan langsung lumer dalam mulut. Sebenarnya, ini daging apa marshmallow? Kok lembut banget. Yang bikin spesial dari hidangan ini adalah campuran rempah-rempah yang bersatu membuat rasa curry yang lembut. Tipikal kari Indonesia cenderung dengan bumbu lebih kuat dan lebih pedas, tapi kari ini rasanya lebih lembut.

Processed with VSCO

Untuk makanan satu ini, gue belom pernah ngerasain di tempat aslinya. Jadi liburan berikutnya gue ke Thailand, berburu Green Beef Curry yang legendaris menjadi salah satu misi hidup gue. Beberapa orang di dunia ini terlahir untuk mengubah dunia, ada yang ditakdirkan menjadi ilmuwan, ekonom atau presiden. Gue, dilahirkan untuk menemukan Green Beef Curry terbaik di Thailand.

3. Thai Mango Salad
Para pecinta rasa asam, makanan ini tercipta untuk lo. Cocok sebagai hidangan pembuka, untuk membangkitkan selera makan (Sok banget butuh dibangkitkan selera makannya, padahal makanan Thai mah pasti doyan!). Perpaduan antara asamnya mangga dibalur dengan pedasnya sambal bikin hidangan ini nagih abis. Potongan kacang mede dan daun ketumbar sukses merubah makanan ini makin luar biasa.

Processed with VSCO

Kalau di restoran Thailand di Indonesia aja rasanya nyegerin banget, kebayang kan kalau di Thailand gimana? Habis asik berkunjung ke kuil bersejarah, explore kota Bangkok sambil nenteng belanjaan; langsung makan Thai Mango Salad. Pasti lebih seger dibanding disenyumin gebetan pas di jalan lagi panas-panas mau naik angkot yang sok-sok mau maju padahal belom mau berangkat juga sih.

4. Thai Ice Tea
Ini mah bukan makanan! Pasti dalam pikiran lo itu kan? Oh, tenang, gue setuju. Ngomongin soal kuliner Thailand klasik tanpa nyebutin Thai Ice Tea, kayaknya belom lengkap aja. Sama aja kayak ke India tapi nggak ke Taj Mahal, ke Bromo tapi nggak liat sunrise, ke Raja Ampat tapi nggak diving. Hampa.

Processed with VSCO

5. Pineapple Fried Rice

Hati: Mau makan pineapple fried rice di tempat aslinya. Dompet: Jangan kebanyakkan gaya, saldo anda tidak mencukupi. Kalau gue lagi kangen dengan hidangan khas Thailand, dan lagi nggak mau makanan ala restoran (read: belom gajian), yang terbaik yang gue bisa lakukan adalah “berkreasi” dan masak sendiri di rumah.

Untuk yang satu ini, yang paling susah adalah “ngerok” nanasnya supaya dapet piring-piringan nanas cantik. Potongan nanasnya memberi dimensi rasa baru dan langsung bisa membawa suasana layaknya lagi Thailand, tapi begitu nasi gorengnya selesai… ilusi itu pun juga selesai.

Processed with VSCO

Kenyataannya, seenak-enaknya masakkan yang lo bisa bikin di rumah atau makan di restoran Thailand paling hits sekalipun, nggak ada yang bisa mengobati rasa kangen terhadap Thailand sepenuhnya.

Itulah 5 Makanan Thailand: Makanan Klasik, Rasa Asik versi gue. Banyak yang lainnya, udah pasti itu. Thailand adalah destinasi kuliner favorit sejuta umat. Sebenarnya lo bisa mencoba dan berupaya sekuat tenaga untuk menciptakan momen kembali saat di Thailand, entah itu lewat masakkan sendiri atau makan di restoran Thai mewah. Lo bisa mengingat kembali Thailand lewat film-film yang menampilkan eksotisnya pantai maupun kultur Thai.Tapi untuk bisa sepenuhnya merasakan “jiwa” Thailand, lo harus pergi ke Thailand. Nggak ada substitusinya.

“Untuk bisa sepenuhnya merasakan “jiwa” Thailand, lo harus pergi ke Thailand.
Nggak ada substitusinya.”

Semoga tahun 2017 ini, gue bisa mengobati rasa rindu terhadap Thailand. Obat kangen Thailand cuman satu kok: tiket pesawat.

Follow me to stay updated on the next adventure!
www.facebook.com/omgsofood
Written, Pic taken & Edited by: www.instagram.com/theannisasabran

2 thoughts on “Top 5 Makanan Thailand: Makanan klasik, rasa asik!

Leave a Reply

