Sehari bersama Prelo, my day with Prelo!

Sehari bersama Prelo
A day with Prelo, my day with Prelo

Ini adalah kisah indah, yang diawali dan diakhiri dengan Prelo. Sehari bersama Prelo. A day with Prelo, my day with Prelo. Let’s go!

05.30-07.00 Mulai hari dengan benar – olahraga!
Resolusi gw tahun ini adalah hidup dengan lebih sehat! Semuanya dimulai dengan bangun pagi dan… olahraga. You heard it. Dulu gw pagi biasanya bangun buru-buru dan ke kantor kadang lupa sarapan. Tapi gw memutuskan tahun ini akan berbeda. Gw harus olahraga. PS: Kalau belum bisa 100% commit olahraga, bisa beli barang bekas berkualitas aka preloved (dan nggak nyesel kan kalo beli mahal-mahal). Terus kalau mau upgrade beli versi lebih mahal tinggal jual aja alat olahraga bekas lo sebelumnya di Prelo!

IMG_20170518_114010-640x1486

07.00-09.00 Menikmati macet jalanan Jakarta, morning version
Jam segini jangan sampe lupa pake sunglasses karena matahari sedang menyapa dan kadang dia suka terlalu gembira. Oh btw jadi inget… sunglasses di rumah banyak yang nggak kepake dan biasanya favoritnya gw itu-itu terus. Ya emang anaknya susah move on ya, bahkan soal sunglasses. Oh iya, Prelo to the rescue! Barang preloved yang masih dalam kondisi bagus, bisa dijual lagi! Terharu :’)

2017-05-18 11.47.59 1-640x960

09.00-12.00 Productive time, part 1
Musik yang bener, bisa ngasih semangat! (Maklum, nggak ada yang ngasih semangat…). Buat lo yang bingung pengen beli headset branded, tapi kok agak nguras kantong, bisa cari headset second di Prelo. Karena ada jaminannya, kalau seandainya rusak, nggak perlu khawatir karena bisa dikembalikan dan jaminan uang kembali!

12.00-13.00 Lunchtime!
Karena berhasil nabung banyak dan jualin barang preloved yang sudah nggak terpakai, bisa makan enak! Makan Pad Thai dulu ya, biar bisa daydream lagi di Thailand.

2017-05-18 09.53.50 2-640x426 (1)

13.00-17.00 Productive time, part 2
Lanjut kerja dulu ya guys! Kalau kalian ngantor duduk terus, coba pakai sandaran bantal leher bekas yang biasa dipakai para traveller kalau bepergian. Dan percaya atau nggak, bahkan barang ini ada di Prelo. Amazing ya, one-stop-shopping for buying and selling preloved goods!

17.00-19.00 Afterwork hangout
Cara paling ampuh ngobatin capek adalah jalan sama orang-orang yang lo sayang. Walaupun cuman ketemu satu atau dua jam setelah jam kantor meski sudah mengarungi samudera (read: macetnya Jakarta), pasti dibela-belain. Karena nggak ada yang namanya sibuk. You will always make time for the people you care most. Tapi… hangout juga biasanya ngeluarin 35K-150K++ kan minimal? Jujur aja. Karena quality time dan makanan enak penting, harus cari cara pinter untuk make and save money. Prelo! Barang yang nggak terpakai tapi masih berkualitas bisa bermanfaat untuk orang lain.

19.00-21.00 Menikmati macet jalanan Jakarta, night version
Gw ada hobi baru nih: koleksi physical CD. Dan ini bukan sesuatu yang mudah, apalagi kalau cari versi yang collector’s edition. Di toko CD aja belum tentu ada. Parahnya lagi, toko-toko CD pada tutup. Jadi… kemana aku harus mencari? Prelo. Tempat lo bisa nemu CD second unik dan bisa deh dengerin musik favorit lo sambil menikmati macet jalanan Jakarta yang kayaknya nggak berhenti-berhenti.

2017-05-18 09.53.46 1-640x368

21.00-22.00 Night time routine
Bagian terakhir (dan salah satu favorit) dari hari gw adalah membaca buku. Masalah gw dengan buku cuman satu: suka impulsive kalau lagi di toko buku. Buku yang bagus biasanya gw baca berulang-ulang. Maklum, anaknya susah move on. Jadi hal yang sama bisa terus menerus membuat gw tersenyum. Padahal dia udah tersenyum dengan yang lain… Tapi ada beberapa buku nggak terbaca sama sekali akhirnya. Yang gw seneng dari Prelo 1. Suka ada buku bekas unik yang bahkan nggak ada di toko buku 2. Kalau buku terlalu mahal di toko buku, bisa jadi alternative menarik 3. Buku yang sudah nggak terpakai seperti textbook bisa dijual.

2017-05-18 10.43.36 1-640x426
How to end a day: skin routine, candle, a book… and Prelo!

Mencoba memakai aplikasi Prelo, the real review
Prelo, good or bad? The truth.

Karena rasa penasaran tercampur dengan kepo nggak ketulungan ngeliat Prelo direview positive di berbagai website sebagai up and coming e-commerce inovatif, gw mencoba memakai Prelo. Review ini bukan cuman sebagai pembeli tapi sebagai penjual. Kebetulan gw ada Bath & Body Works dengan scent Love & Sunshine di rumah yang hanya terkuras beberapa tetes. Bahkan air mata gw aja lebih banyak terkuras saat kehilangan dia… Kembali ke Prelo *nada Tukul* (bukan kembali ke mantan ya, seindah apapun dia).

Step 1: Foto barang preloved yang mau lo jual!

1

Step 2: Tulis deskripsi barang, ada panduannya kok tenang, jadi fix nggak bakal bingung. Salut sama interfacenya, memikirkan hal sekecil ini pun!

2

Tadinya gw mau langsung skip, tapi ternyata ada bagian yang HARUS lo foto! Foto merek. Dapet warning kayak gini deh. Ini nunjukkin Prelo memang peduli perang terhadap barang palsu. Diakhir pas submit juga ada warning, kalau barang tidak boleh KW. Barang KW, you can’t sit with us.

3

3. Sharing is caring! Prelo akan mengambil 10% keuntungan dari penjualan. Tapi, kalau mau 100% penjualan untuk kalian gampang lho! Tinggal share aja ke facebook, twitter dan instagram supaya nggak kena Prelo fee charge.

4

4. UDAH DEH. Iya, cuman segitu langkahnya, sesimple itu. Bahkan gw pas selesai sempet mikir, lah gini doang. Nggak sampe 5 menit bahkan. Wow sih. Wow.

5

Sangat mudah dipakai! Interfacenya user friendly, nggak heboh dan nggak norak diselimuti warna turqoise yang menenangkan di mata. Ada bagian chatnya jadi buyer bisa chat dengan seller. Pantes aja sih Prelo dipuji sebagai aplikasi inovatif!

Dibawah ada video simple tentang Prelo menurut gw, solusi jual beli barang second, aman dan berkualitas. Prelo adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, dipakai sehari-hari untuk solusi hidup inovatif dan kreatif.

The next big thing: tren e-commerce di Indonesia

E-commerce is booming, and the trend is staying

Industri e-commerce di Indonesia diproyeksikan akan menjadi terbesar di seluruh Asia Tenggara, atau setidaknya US$ 130 miliar pada tahun 2020 (CNN, 2017). Transaksi e-commerce di Indonesia naik 500% dalam 5 tahun lho (Katadata, 2016). Kecenderungan perilaku masyarakat Indonesia yang konsumtif ditunjang dengan kemudahan transaksi online seperti Prelo menjadi alasan industri ini akan terus tumbuh.

Processed with VSCO

Kenapa jual/beli preloved (barang bekas berkualitas), keuntungannya apa sih?
Benefits of buying and selling preloved goods

Beli barang preloved itu bukan hal yang taboo lagi sekarang. Artis aja dari Andien sampai Julia Roberts membeli barang preloved, jadi kenapa nggak dicoba? Ketika para selebriti yang merupakan simbol glamor dan fashion icon merubah stigma barang preloved, opini public pun bisa berubah. Selain harga miring  juga karena model yang sama belum tentu ditemukan di toko-toko di Indonesia. Ada beberapa barang unik yang hanya bisa ditemukan ketika belanja barang preloved.

2017-05-18 10.04.38 1-640x400

Kadang beli karena trend dan karena impulsive akhirnya numpuk di rumah. Daripada barangnya menjadi tak terpakai di rumah mengumpulkan debu dan mengingatkan kenangan yang sebaiknya dilupakan (#ehbedatopik), bisa lho diuangkan! Mau tau solusinya? Prelo adalah solusi buat kalian yang suka impulsive beli lipstick padahal udah punya 50 lipsticks++ cuman terpakai sekali dua kali, beli baju karena lucu dan ngetrend tapi lho kok nggak muat lagi dan textbook yang tidak terpakai tapi bingung jualnya kemana. Hmmm… barang dari mantan juga bisa lho dijual. Eh, ketauan barang dari mantan belom dibuang. Ketauan.

Prelo itu apa sih?
A little bit about Prelo.logo-green

Prelo adalah aplikasi jual beli barang bekas berkualitas, dari kata preloved yang menghubungkan penjual dan pembeli dari barang bekas berkualitas. Per April 2017, Prelo sudah memiliki 200.000 produk yang dijual lho, keren ya (Antaranews, 2017). Belanja terasa lebih aman dan nyaman karena fitur-fitur inovatif dari Prelo! Prelo memberikan garansi keamanan berbelanja dan jaminan uang kembali. Terus yang lebih asik lagi nih, semua yang dijual di Prelo adalah barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli, jadi say no to KW di Prelo!

Kenapa pilih Prelo dan apa aja sih keunggulan Prelo?
5 reasons you need to choose Prelo

Sebelum ngasih tau lebih lanjut apa alasan milih Prelo, ini nih Prelo’s values. Dengan value yang berusaha diberikan seperti ini, makin lebih percaya ya dengan Prelo.

Value Prelo

Tapi alasan milih Prelo sebenernya apa sih?

1. Authentic is fantastic! Indonesia masuk dalam top 11 negara di dunia yang sering melanggar hak intelektual (CNN, 2017). Jadi agak takut ya belanja barang branded online? Apalagi preloved. Nggak perlu takut lagi guys karena Prelo memastikan barang nggak palsu dengan cara ini nih (CNN, 2017):

-Tim internal dan algoritma khusus Prelo akan mengidentifikasi produk mencurigakan dengan cara membandingkan dengan produk lain berdasarkan deskripsi, merk dan model.

-Prelo aktif dalam komunitas produk sehingga mampu membedakan produk asli dengan palsu. Contohnya nih, Prelo aktif di komunitas sneakers jadi tau gimana ngebedain Vans asli atau Vans KW.

-Badge Prelo yang memastikan barang yang dijual asli dan juga pengguna dapat melaporkan jika barang yang dibeli palsu. Ada badge The Authentic Club untuk pengguna yang menjual barang original dan badge Super Active User untuk pembeli yang aktiv menjual.

2017-05-18 09.53.47 1-640x426

2. Story behind things, Prelo Story. Yang menarik dari Prelo adalah para seller diberi ruang untuk bercerita. Suka, duka dan sejarah dibalik produk tersebut. Hal ini akan membuat para pembeli lebih tertarik dibanding sekedar melihat produk dan deskripsinya. Tiap e-commerce dapat mendeskripsikan produk, tapi tidak semuanya dapat menceritakan kisah dibalik produk tersebut. Selalu ada cerita khusus tersimpan dalam setiap produk yang dijual di Prelo

Processed with VSCO

3. Fitur tawar menawar! Layaknya sedang melakukan transaksi di flea market ada proses tawar menawar antara penjual dan pembeli. Hal ini dilakukan supaya barangnya bisa dibeli dengan harga yang lebih dekat dengan kesepakatan antar pihak. Menarik kan fiturnya?

tawar1-577x1024 (1)

4. Waktu jaminan Prelo! Seandainya barang nggak sesuai, laporin aja dalam waktu jaminan prelo (Max 3×24 jam setelah status transaksi diterima) dan dapatkan refund 100%!

5. Membeli barang preloved mendukung kampanye global warming (Reduce, Reuse, Recycle). Jadi dengan membeli barang bekas berkualitas lo turut mendukung mengurangi pembelian konsumtif yang merupakan bentuk kepedulian terhadap waste di bumi.

Barang apa aja sih yang dijual di Prelo?
Category of goods sold in Prelo

Prelo banyak barangnya, barangnya banyak Prelo! Ini adalah kategori barang-barang yang dijual di Prelo. Ada bagian Editor’s Pick yaitu barang-barang yang difitur Prelo yang telah dipiih oleh Prelo Curator.

Processed with VSCO

Dan kategori barang di Prelo terbagi jadi 9 nih:
1. Women terbagi menjadi high luxury, high street, budget
2. Men terbagi menjadi high luxury, high street, budget
3. Beauty terbagi menjadi riasan mata, riasan bibir, riasan wajah, perawatan wajah, perawatn tubuh, rambut, kuku, parfum, grooming, beauty tools
4. Books terbagi menjadi akademis, fiksi, non fiksi, majalah, komik, lainnya
5. Gadget terbagi menjadi ponsel, aksesoris, laptop, tablet, lainnya
6. Hobby terbagi menjadi sport, fotografi, musik, action figures, games, koleksi, otomotif, pet, lainnya
7. Antique
8. Baby & Kid terbagi menjadi pakaian bayi & anak, sepatu, perlengkapan, aksesoris, lainnya
9. Home & Living terbagi menjadi kitchen, elektronik, furniture, lainnya

Processed with VSCO

Prelo promo ada loh, mau tau apa aja?
Prelo promotions you do not want to miss

1. Referral code yang bisa dibagikan ke teman-teman lo dan dapet 25K saldo bonus kalau ada yang pakai referral code lo! Share kode referral lo dan dapatkan referral bonus! Asik ya!

PS: Silahkan pakai referral code gw kalau mau dapet 25K saldo bonus: as2000gW2XKU

2017-05-18 09.53.48 1-640x859

2. Tukerin go-poin dan nikmatin potongan harga senilai 65K!

IMG_20170518_230132

Prelo Testimony, bener nggak sih Prelo banyak keuntungannya?
What people think of Prelo, the voice of customers

Ini nih testimoni dan pendapat orang-orang yang telah memakai Prelo!
1. Komentar dari forum Female Daily
Processed with VSCO

2. Komentar dari forum Bersosial.com
2017-05-18 10.04.34 1-640x402

3. Testimoni dari Rachel Goddard
2017-05-18 10.04.37 2-640x325

Gimana, tertarik kan pake Prelo? Ada pertanyaan lebih lanjut, kontak aja Prelo!

Have more questions? Contact Prelo now!

   Contact us FB Contact us twitterContact us IGContact us youtubeContact us googleplusContact us mail

Thanks for reading my review! Follow my social media to stay updated on the next adventure!

instagram.com/theannisasabran
facebook.com/omgsfood

REFERENSI
Antaranews. 2017. Prelo, startup e-commerce jual produk “no KW”.  http://www.antaranews.com/

CNN. 2017. Prelo, e-Commerce Barang Bekas Anti KW. http://www.cnnindonesia.com/

Femina. 2016. Tren Preloved Online Shop: Ketika Barang Bekas Naik Kelas. http;//www.femina.co.id

Katadata. 2016. Transaksi E-Commerce Indonesia Naik 500% dalam 5 Tahun. http://databoks.katadata.co.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s