Mitos vs Fakta: Tips dan Trik Makanan saat Ramadhan

Puasa harus ini. Puasa harus itu. Puasa nggak boleh makan ini. Puasa nggak boleh minum itu. Banyak banget mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang do’s and don’ts berpuasa, jadi yang bener yang mana? Ini adalah tips dan trik yang telah dirangkum untuk mematahkan mitos dengan fakta terkait makanan. Yuk, kita simak!

1.Mitos: Berbukalah dengan yang manis

Ramadhan identik dengan aneka ragam takjil, dari tadinya nggak mau beli tapi melewati es cendol dan mencium aroma kolak pisang siapa sih yang bisa nolak? Jadi, apa memang benar harus berbuka dengan yang manis (karena yang senyumnya manis aja nggak cukup)? Makanan manis seperti aneka macam es umumnya banyak mengandung lemak, gula dan karbohidrat tinggi jadi hati-hati karena bahaya kalau sampai terjadi lonjakkan gula darah apalagi untuk penderita diabetes.

Processed with VSCO

Tips: Disarankan untuk berbuka dengan satu butir kurma karena kandungan gulanya tinggi namun lambat dicerna. Biar badan nggak kaget karena seharian tubuh tidak mendapatkan asupan gizi.

2.Mitos: Sahurlah sebanyak-banyaknya

Kalau sahur banyak, pasti lebih kenyang dan jadi lebih kuat puasanya! Yakin? Ternyata kenyataan tidak sesederhana itu. Faktanya, menurut nutritionist Dr Neha Sanwalka makan terlampau banyak akan menjadi beban untuk perut. Hal ini akan menyebabkan gangguan penceranaan, heartburn dan kembung. Hal yang terlalu berlebihan memang kurang baik, seperti terlalu mencintai seseorang atau terlalu senang hidup di masa lalu misalnya.

Processed with VSCO

Tips: Disarankan untuk makan secukupnya saat sahur namun pastikan terpenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan. Jangan cuman makan karbohidrat, lemak dan protein; tapi juga penuhi kebutuhan serat dan vitamin tubuh dengan makan sayur dan buah-buahan yang tinggi kandungan airnya.

3.Mitos: Kalo nggak makan nasi, nggak kuat puasa

Indonesia banget ya ini! Kalau belom makan nasi, kayaknya belum makan gitu. Jadi cara kenyang paling baik adalah makan nasi sampai pol! Hmmm… yakin? Faktanya, nasi putih itu termasuk karbohidrat sederhana jadi akan membuat seseorang lebih gampang lapar! Salah strategi jadi kalau makan nasi banyak-banyak.

Processed with VSCO

Tips: Disarankan untuk menambahkan makan gandum utuh yang terdapat dalam oatmeal untuk memastikan dapat mengurangi rasa lapar. Selain nasi putih, nasi merah dapat dijadikan alternatif karena seratnya 5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih jadi memberikan rasa kenyang dan energi lebih lama. Kalau nggak terlalu doyan nasi merah, bisa dicampur dengan nasi merah untuk perlahan-lahan membiasakan diri terbiasa dengan rasa dari nasi merah. Karena kadang rasa bisa ada, karena terbiasa.

4.Mitos: Berat badan biasanya naik karena puasa

Minum manis. Makan banyak. Apalagi kalau sedang berpuasa biasanya aktivitas berkurang jadi pembakaran kalori juga berkurang. Wajar nggak sih berat badan naik? Jawabannya, tergantung. Tergantung pilihan nutrisi dan juga banyaknya asupan kalori. Tergantung juga dengan aktivitas fisik, apakah lebih baik memilih diam atau beraktivitas dengan frekuensi rendah hingga sedang agar badan tetap fit dan aktif. Tergantung juga apa dia memilih lo, dan lo memilih dia; eh sori itu beda topik.

Processed with VSCO

Fakta: Sebuah studi menganalisa 35 penilitian dari Asia Barat, Afrika, Asia Timur, Amerika Utara, dan Eropa tentang hubungan antara puasa pada bulan Ramadan dengan berat badan. Menariknya, ternyata penelitian tersebut menemukan bahwa biasanya perempuan akan mengalami penurunan berat badan sebesar 0.9 Kg dan 1.5 kg untuk laki-laki. Tapi penurunan berat badan tersebut biasanya akan kembali setelah 14 hari setelah berhenti puasa.

5.Mitos: No Sahur, No Problem

Memang sahur hukumnya sunnah, jadi nggak wajib untuk dilakuin. Bangun pagi-pagi, siapa sih yang nggak kesusahan? Kalo skip aja boleh nggak sih? Ya, nggak masalah sih kalau mau juga skip keuntungan dari sahur.

Processed with VSCO

Fakta: Saat tidak sahur, tubuh menjadi terganggu metabolismenya jadi dapat membuat sakit karena badan tidak akan menerima asupan sekitar 12 jam ke depan. Hal ini akan mempengaruhi produktivitas dan juga badan akan terasa lemas seharian. Jadi jangan lupa untuk sahur! (Meskipun nggak ada yang ngingetin.

Oh iya ngomong-ngomong soal Ramadhan nih berbarengan dengan promo Lazada Ramadhan Sale (http://www.lazada.co.id/ramadhan-sale/) yang berlangsung selama bulan Ramadhan 2017, Lazada.co.id mengadakan kontes menulis artikel berhadiah voucher Lazada dengan total sampai dengan 10 juta rupiah untuk para bloger yang beruntung!

Selamat berpuasa, semoga bulan ini menjadi berkah!

Follow me to stay updated on the next adventure!
http://www.instagram.com/theannisasabran
http://www.facebook.com/omgsofood

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s